Senin, 07 Desember 2009

Gaya Cape dalam Busana Muslim


Belakangan ini, busana muslim mengalami perkembangan pesat. Hal itu, disebabkan pengguna busana serba tertutup kian banyak dan pilihan buat tampil lebih gaya berbusana ini tidak kalah menarik dengan busana lainnya, Sebuah diskusi terbatas mengenai inspirasi baru busana muslim berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu. Salah satu tema pembahasan menarik mengenai gaya atau pemakaian cape dalam busana muslim.

Apakah cape itu? Kata ini dalam istilah mode berarti sejenis blus model poncho atau blus berlengan kelelawar. Lebih mudahnya, cape sering digambarkan sebagai jakaet yang akarab dikenakan oleh tokoh detektif terkenal dalam suatu karaya fiksi. Kedudukan cape dalam mode kurang lebih sejajar dengan bolero, jaket, coat atau cardigan.

Fungsi cape sendiri berhubungan erat dengan cuaca dingin. Melihat wujudnya, segera Anda akan teringat dengan jas hujan (rain coat). Cape berbahan anti basah berfungsi melindungi diri dari rintik air hujan. Beberapa unit militer dan kepolisian di sebagian negara, seperti Inggris dan Prancis memasukan cape sebagai unsur seragamnya di musim hujan.

Selain itu, capepun dikenal sebagai ovengarment untuk melapisi gaun-gaun mahal para wanita berkelas. Tidak heran bila cape yang mereka kenakan terbuat dari bahan mewah seperti bulu binatang asli atau velvet. Saat berada di dalam ruangan, cape dilepas dan digantung seperti mantel.

Sejarah cape menyebutkan busana yang satu ini pada satu masa diakarabi masyarakat Mesir Kuno seperti yang dikenakan ratu cantik sejagad masa itu, Ratu Cleopatra yang suka berpenampilan dan berbusana penuh gaya. Rok atau petticoat yang dililitkan di seputar pinggang menjadi pelengkap bagi secarik kain yang dilingkupkan di bahu dan saling disimpulkan di bagian ujungnya. Kain yang biasa dikenakan sang ratu umumnya bertekstur pleats (lipit-lipit) dengan kerah berunsur dekoratif yang dilingkarkan di leher menutup sebagian yang disebut cape. Di masa itu busana ini memberikan nuansa etnik dan glamor melengkapi kesempurnaan serta kecantikan sang ratu.

Adapun cape dalam busana muslim sebagai unsur gaya yang memberikan sentuhan nafas terasa berbeda dan menarik perhatian. Cape dalam busana muslim menutupi, melindungi dan menyamarkan bagian dada. Bagi pemakai kerudung panjang, cape dapat dipakai sebagai alternatif tampilan. Caranya, cukup kenakan kerudung praktis yang di daerah dada dilingkupi atau ditutupi cape.

Cape dalam busana muslim menjadi unsur gaya padu padan yang efektif. Dengan bentuknya yang hanya sepotong, harga cape umumnya lebih murah dibandingkan tunik atau gamis. Selain itu, cape praktis dibawa ke manapun, bahkan bisa diselipkan ke dalam tas kerja Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar